RSS

Kata kan Tidak pada Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas dikalangan remaja saat ini telah mencapai titik kekhawatiran yang sangat tinggi, terutama seks bebas dan penggunaan obat-obatan terlarang. Oleh karena itu tidak aneh jika jumlah penderita HIV/AIDS serta wanita hamil diluar nikah terus saja meningkat. Hal ini dikarenakan mereka dengan mudahnya bisa memasuki tempat-tempat khusuh orang dewasa, mudah terpengaruh dan tidak bisa mengendalikan diri dengan baik. Karena itu pergaulan bebas harus segera diatasi, karena dampaknya sangat merugikan baik fisik maupun psikis.
Kita boleh saja berteman dan bergaul dengan siapapun, asalkan kita jangan mudah terpengaruh dan tetap berpegang teguh pada norma-norma agama dan norma hukum yang berlaku, karena gaul tidak harus dengan melakukan seks bebas, tidak harus menggunakan obat-obatan terlarang dan semua hal yang melanggar hokum. Oleh karena itu sebagai remaja harus membiasakan berfikir panjang ke depan sebelum melakukan suatu hal.

Faktor utama yang menjadi penyebab dan awal mula seorang remaja terjerumus kedalam pergaulan bebas :

  • Faktor agama dan faktor iman, faktor ini adalah hal yang berasal dari dalam diri kita sendiri.
  • Faktor lingkungan seperti orang tua, teman dan tetangga. Didalam factor ini tidak sedikit anak remaja yang terumus kedalam pergaulan bebas dikarenakan ada masalah didalam keluarga atau yang sering disebut dengan broken home.
  • Factor pengetahuan yang minim ditambah rasa ingin tahu yang tinggi. Kurangnya pengetahuan akan dampak dan akibat akan hal yang kita lakukan dapat memudahkan kita terjerumus kedalam hal-hal yang negative.
  • Factor perubahan zaman, factor ini juga adalah hal yang cukup kuat menjadi penyebab pergaulan bebas dikalangan remaja. Karena dizaman sekarang ini banyak media yang mudah diakses oleh semua umur yang menyediakan tayangan-tayangan yang seharusnya hanya ditayangkan khusus orang dewasa.
Fakta tentang penyebab pergaulan bebas :
Seiring dengan semakin cepatnya arus globalisasi, banyak budaya barat yang tidak sesuai dengan budaya timur masuk ke Indonesia. Budaya timur yang awalnya pacaran pada usia remaja dianggap tabu oleh masyarakat, kini akibat kuatnya pengaruh globalisasi menyebabkan pacaran sebagai hal yang sudah biasa.
Pengaruh teman atau kelompuk sepermainan sudah tidak dapat kita pungkiri bahwa sekarang ini teman adalah tempat menampung segala keluh kesah kita. Namun, apabila kita salah mencari teman mereka kan menghibur kita dengan mencarikan solusi yang tidak baik seperti halnya merokok, clubbing, atau menggunakan obat-obatan terlarang.
Pengaruh media massa. Sekarang, untuk mendapatkan suatu video, gambar, atau cerita-cerita tentang seks dan pornografi lainnya sangat mudah. Tinggal cari di internet dengan mengunjungi situs-situs khusus orang dewasa. Hal ini menyebabkan semakin meningkatnya angka perilaku seks bebas dikalangan remaja.
Iman yang lemah serta pamahaman religi yang kurang sangat mudah untuk digoyahkan agar berbuat yang tidak baik dan tidak lagi memahami akibat dari pergaulan bebas, baik akibat dunia maupun akhiratnya kelak.
Pandangan orang tua bahwa anak-anak tumbuh menjadi remaja, mereka belum paham dengan sex education dan menganggap bahwa membicarakan mengenai seks adalah hal yang tabu adalah suatu kesalahan. Dengan tidak memberikan pendidikan yang memadai dirumah dan membiarkan anak-anak mereka menyebabkan ketidak fahaman. Para remaja merasa tidak bertanggung jawab dengan seks atau kesehatan anatomi reproduksinya.
DAMPAK PERGAULAN BEBAS :
Sebagai remaja yang baik, tentu kita tidak ingin hal itu terjadi bukan??? Oleh karena itu, berilah jarak antara kita dengan pergaulan bebas yang merajalela. Karena dampaknya sangat merugikan salah satunya adalah terjangkit virus HIV/AIDS ( human immunodeficiany Virus / Acquired immune Deficiency Syndrome). Dan masih banyak lagi dampak-dampak negative lainnya.
Namun semua kembali pada diri kita sendir, mau menjadi orang yang seperti apa kita??? Jauhilah pergaulan bebas dan hal-hal negative yang sangan merugikan bagi diri kita. Kita harus dapat menempatkan diri sebagai remaja yang baik dan benar sesuai dengan tuntunan agama dan norma hukum yang berlaku agar terhindar dari hal-hal tersebut. Ingatlah sebagai remaja kita adalah calon penerus bangsa dimasa depan, oleh karena itu jika kita melakukan hal-hal yang negative tersebut mau jadi apa Negara kita nanti?? Maka mulai sekarang cobalah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan YME untuk mempertebal keimanan kita, karena iman merupakan dasar yang paling utama didalam diri kita sendiri.

http://smkn1magetan.sch.magetankab.go.id/pergaulan-bebas-dikalangan-remaja-penyebab-dan-dampaknya/#/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar